Wisata Kuliner Suatu Prospek Usaha

Pariwisata telah menjadi salah satu sektor yang telah menjadi suatu industri dan memiliki peran yang sangat besar bagi pengembangan pembangunan Kota Bandung. Kota Bandung merupakan salah satu kota tujuan wisata utama di Wilayah Jawa Barat bagi wisatawan dari wilayah sekitarnya maupun dari mancanegara. Selain itu berbagai faktor seperti faktor posisi Kota Bandung sebagai pusat pemerintahan, pusat perekonomian, pusat perdagangan dan industri atau dapat dikatakan sebagai pusat kegiatan jasa dan kegiatan perekonomian Jawa Barat, serta kondisi geografis Kota Bandung mendukung Kota Bandung untuk menjadi salah satu tujuan wisata utama di Jawa Barat. Berdasarkan hal-hal tersebut, maka dapat dikatakan bahwa Kota Bandung dapat berkembang sebagai “kota jasa dan pariwisata”. (RIPPDA Kota Bandung 2006)

Namun, hingga saat ini pengembangan wisata kuliner dengan memanfaatkan hasil produksi pertanian, peternakan, dan perikanan masyarakat lokal belumlah optimal. Di Kintamani contohnya, di daerah ini merupakan penghasil ikan mujair terbanyak yang berasal dari danau justru menjual makananya dengan cara perasmanan dan menu yang disajikan bukanlah ikan mujair, melainkan makanan lainnya seperti cap cay, nasi goreng, mie goreng, dan masakan jenis chinesse food lainnya. Padahal, apabila ikan mujair tersebut diolah dan dikemas dengan baik serta menarik hingga menjadi sebuah oleh-oleh yang khas dari Kintamani, tentu akan memberikan keuntungan yang lebih khususnya bagi masyarakat. Hal ini belum dilakukan oleh masyarakat karena kurangnya pengetahuan serta kemampuan untuk mengolah bahan baku lokal tersebut menjadi produk wisata yang memiliki nilai jual yang tinggi.
Tersedianya hasil produksi masyarakat dalam bidang pertanian, peternakan, dan perikanan seharusnya dapat dilakukan beberapa kajian dalam memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk dapat menghasilkan uang. Terlebih lagi, saat ini generasi muda cenderung enggan untuk bekerja di bidang-bidang ini dengan alasan kerja yang berat namun penghasilan yang tidak menentu. Akan tetapi, apabila hasil produksi ini dapat diolah untuk memenuhi kebutuhan pariwisata dan mampu menghasilkan uang, maka hal ini akan memberi pemikiran baru bagi generasi muda untuk bekerja lebih baik pada sektor-sektor ini. Di Kabupaten Buleleng sesungguhnya ditemukan beberapa potensi yang dapat dikemas menjadi wisata kuliner sepert: Duren, Anggur, Pohon Aren, Kambing Etawa, Kopi Luwak dan sebagainya. Namun, tidak semua warga masyarakat, khususnya petani penghasil produk ini memahaminya.

mobil di, sewa elf murah, sewa elf pariwisata, sewa rental mobil, rent car mobil, bus elf, carter mobil, sewa mini bus, bus elf, carter mobil, sewa mini bus, sewa mobil travel, harga rent car, sewa elf, jasa penyewaan mobil, rental mobil elf, mobil disewakan, rental mobil elf murah, tempat sewa mobil murah, harga rental, sewa mobil, rental murah, elf travel, penyewaan mobil murah, jasa sewa mobil, elf murah, penyewaan elf, hiace sewa, sewa bus kecil, sewa mobil 1 hari, sewa mobil dengan supir, rental mobil dan supir, sewa mobil elf murah, nyewa mobil dengan supir, nyewa mobil, rental kendaraan, rental elf murah, elf parawisata, sewa bus besar, rental elf, mobil elf travel, pesewaan mobil, rental mobil, sewa kendaraan, sewa bus elf, sewa elf long, mobil sewaan, rental mobil murah,  penyewaan mobil murah, rental mobil paling murah, elf wisata, sewa travel, rental mobil travel, mobil elf parawisata, harga carter, sewa mobil travel murah

Rental Mobil Bandung, Sewa Mobil Bandung, Carter Mobil Bandung, Jasa Mobil Bandung, Avanza, Xenia, Innova, Elf, Elf Long, Hiace, Bus Medium, Bus SHD, Big Bus, Sewa Mobil Supir, Dinas, Wisata, Carter, Drop Off, Jemput, Point To Point Service, City Tour, Ziarah, Tour Travel, Event.

#rentalmobil #rentalmurahbandung #jasarental #sewaobil #mobilwisata #bandungelf #bandungwisata #bandunghiace #bandung #infobandung #carterelf #sewabus #busmurah #paketwisata #pakettour #travelmurah

Tinggalkan Balasan